Allegra's Journal

Welcome to my journal.. It is about what I am doing, what i am thinking of or what ever happens around me.. but still, my mama is typing it for me.. :p

Thursday, February 10, 2011

Roseola

Halo Om, Tante..

Aku baru aja sembuh dari sakit, minggu lalu badanku panas tinggi naik turun selama 3 hari. Kalau aku sakit biasanya mama menjalani perawatan home treatment (tanpa ke dokter/obat-obatan). Nah hari pertama dikira aku panas karena mau tumbuh gigi, jadi treatnya aku direndem/mandiin, kompres, hampir telanjang sepanjang hari biar hawa panas tubuh keluar. Kalau pagi panasnya turun tapi kalau sore panas lagi 39C.

Hari ke 2 karena suhunya sampai 40,1C, langsung mama berangkat ke dokter karena takut aku kejang demam. dikasih obat penurun panas oral & via anus, karena aku paling susah minum obat oral (kan gak pernah juga). Oiya, sebelum ke dokter aku minum tempra tapi aku muntahin lagi krn pahit banget, walaupun di 'boongin' campur di juice & dikejar2 mama papa tapi aku tetep gak mau. hehehe..

Di RS. Pondok Indah ketemu dengan dokter Yovita Ananta, diperiksa gak ada masalah/gejala apapun. lalu disuruh observasi panas sampai 72 jam, kalau masih juga akan test darah.

Pada Jumat siang, aku diambil darah & hasilnya trombositku rendah hanya 155 (normal 150-400), tetapi bukan Demam Berdarah karena hasilnya negatif.


Siang itu juga mama langsung beli sari kurma & buah jambu biji untuk dibikin juice. karena satu-satunya treatment untuk menaikkan trombosit adalah memperbanyak asupan cairan.
Pada sore harinya, muncul ruam merah di dada & punggung, yang umum timbul sehabis panas tinggi. Tapi makin lama makin banyak ruamnya & ke wajah, tangan, kaki walaupun sedikit.
Ya ya ya.. baru mama sadar kalau itu bukan ruam sehabis panas tapi Roseola.

Roseola sebetulnya termasuk penyakit yang umum diderita anak usia 6-36 bulan. Cuma karena panasnya yang langsung tinggi, yang ada orang tua langsung panik. Apalagi pake ruam ya, nyaru sama campak atau rubella. Penyebab roseola adalah virus herpes tipe 6 dan 7. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Biasanya penyakit ini berlangsung selama 3-7 hari.
Roseola merupakan infeksi virus, jadi tidak memerlukan obat, apalagi antibiotik. Antibiotik tidak mempan untuk virus.

Nah, karena mama yakin ini Roseola, dia langsung tenang deh.. gak ada pengobatan apapun atau treat khusus apapun, seperti biasa aja sehari-hari. hanya aku dikasih minum sari kurma setiap hari untuk menaikkan trombosit. oiya, karena ini infeksi yang disebabkan virus jadi umumnya menyerang juga ke darah yaitu kadar trombosit.

Pada hari senin, aku di tes darah lagi untuk mengecek kadar trombosit. walapun sebenarnya aku udah seger, udah makan seperti biasa lagi & udah lasak lagi.. yah emang sih masih rewel maunya digendong mama & papa terus..

Alhamdulillah angka trombosit naik ke angka normal 189 & virus pun udah kalah dengan antibodiku, dan ruam merahnya sudah berangsur hilang (3 hari) :)

Aku nguping omongan mama, katanya emang sari kurma ampuh banget untuk menaikkan kadar trombosit loh.. Oiya, dan bu dokter juga menyarankan untuk minum madu juga yang bagus untuk daya tahan tubuh..

No comments: